Pengertian VVT-i
Kepanjangan dari (Variable Valve Timing - Intelligent) merupakan
serangkaian peranti/alat untuk mengontrol penggerak camshaft(nok).
Maksudnya adalah menyesuaikan waktu bukaan katup dengan kondisi mesin.
Sehingga bisa didapat torsi optimal di setiap tingkat kecepatan.
Sekaligus menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.
Pada mesin Toyota, sistim ini diaplikasikan pada katup masuk. Waktu
bukaan camshaft bisa bervariasi pada rentang 60 derajat. Misalnya, pada
saat start, kondisi mesin dingin dan mesin stasioner tanpa beban, timing
dimundurkan 30 derajat.
Cara ini bakal menghilangkan overlap. Yaitu peristiwa membukanya katup
masuk dan buang secara bersamaan di akhir langkah pembuangan karena
katup masuk baru akan membuka beberapa saat setelah katup buang menutup
penuh. Logikanya, pada kondisi ini mesin tak perlu bekerja ekstra.
Dengan tertutupnya katup buang, tak ada bahan bakar yang terbuang saat
terisap ke ruang bakar. Konsumsi BBM jadi hemat dan mesin lebih ramah
lingkungan.Sedangkan saat ada beban, timing akan maju 30 derajat .
Derajat overlapping akan meningkat. Tujuannya untuk membantu mendorong
gas buang plus memanaskan campuran bahan bakar dan udara yang masuk.
Selain itu, waktu kompresi juga bertambah karena katup masuk juga
menutup lebih cepat. Efeknya, efisiensi volumetrik jadi lebih baik.
Untuk mewujudkannya, ada VVT-i controller pada timing gear di intake
camshaft. Alat ini terdiri atas housing (rumah), kemudian di dalamnya
ada ruangan oli untuk menggerakkan vane (baling-baling).
Baling-baling itu terhubung dengan camshaft. Di dalamnya terdapat dua
jalur oli menuju masing-masing ruang oli di dalam rumah VVT-i
controller. Dari jalur oli yang berbeda inilah, vane akan mengatur waktu
bukaan katup.
Posisi advance timing maju didapat dengan mengisi oli ke ruang belakang
masing-masing bilah vane. Sehingga vane akan bergerak maju dan posisi
timing pun ikut maju 30 derajat. Tekanan olinya sendiri disediakan oleh
camshaft timing Oli Control Valve yang diatur oleh ECU mesin.
Kebalikannya, untuk kondisi retard (mundur), ruang di depan vane akan
terisi dan posisi timing mundur. Sedangkan kalau dibutuhkan pada kondisi
standar, ada pin yang akan mengunci posisi vane tetap ada di tengah.
Sebenarnya masih ada sistem yang lebih canggih, namanya VVTL-i (Variable
Valve Timing Lift-Intelligent). Selain memainkan waktu bukaan katup,
tingginya pun ikut dibedakan.
Nah pada mesin HONDA kita mengenal VTEC
]> VTEC
kepanjangan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Controlled
hasil inovasi dari Honda ini menampilkan mekanisme berbeda. Perbedaan
utamanya adalah pada pergerakan katup masuknya(intake valve) . Pada
mesin 16 valve, terdapat masing-masing dua katup masuk dan buang di tiap
silinder, terdiri dari 4 silinder.
VTEC diaplikasikan hanya pada katup masuk. Pada katup inilah
pengontrolan efisiensi mesin lebih berpengaruh. Asumsinya, proses
pembuangan tak memerlukan pembukaan katup variabel sebab semakin lancar
gas buang, kerja mesin akan semakin enteng.
Pada mesin VTEC, kedua katup masuk tak selalu bergerak bareng. Misalnya,
di putaran rendah hanya ada satu klep yang membuka. Bukaannya pun
relatif kecil karena karakter camshaft yang menonjok katup ini cocok
buat putaran rendah. Kondisi ini dinilai pas untuk mesin. Karena pada
putaran rendah tak perlu suplai udara banyak. Selain itu, bisa terjadi
turbulensi udara untuk membantu mencampur bahan bakar. Mesin jadi irit,
efisien, juga ramah lingkungan.
Seiring naiknya putaran mesin, kebutuhan suplai udara juga meningkat.
Langsung dijawab dengan katup kedua. Bukaannya lebih besar karena nok
chamshaft punya karakter derajat lebih tinggi. Asyiknya, katup pertama
tadi ikut membuka lebih lebar. Hal ini disebabkan ada pin yang
menghubungkan rocker arm dan mendorong pin. Otomatis pin tadi akan
mengunci kedua rocker arm. Karena rocker arm kedua digerakkan oleh nok
camshaft yang berdurasi lebih tinggi, gerakan katup pertama jadi
mengikuti.
Selain VTEC ada juga i-VTEC (intelligent VTEC) yang juga dilengkapi
mekanisme memajukan dan memundurkan pengapian. Tentu hasilnya lebih
maksimal untuk meningkatkan efisiensi mesin
Saya hanya membagikan berita yang bermanfaat tanpa niat tertentu, saya mengambil dari sumber berita terpercaya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Featured Post
Pengertian Ram, fungsi dan jenis Ram.
RAM singkatan dari apa? Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory , sedangkan ROM adalah Read Only Memory . Nah, dari kepanjangan...
Terkini
Baca Juga Artikel Terbaru
-
Komponen komponen Mobil Avansa 1. ECU (Engine Control Unit) Contoh ( ECU ) Engine Control Unit Toyota Avanza Ecu ada...
-
RAM singkatan dari apa? Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory , sedangkan ROM adalah Read Only Memory . Nah, dari kepanjangan...
-
Bagian-bagian Tranmisi Tranmisi terdiri dari 2 bagian yaitu : Bagian Luar dan Bagi...
-
Kendaraan autonomous adalah kendaraan yang dapat beroperasi dengan aman dan efektif tanpa perlu dikendalikan oleh manusia. Kendaraan i...
-
Drone atau pesawat udara tanpa awak dewasa ini tak hanya diperlukan untuk kebutuhan militer saja. Masyarakat sipil turut menggunakan drone,...
';
(function() {
var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true;
dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js';
(document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq);
})();
Tidak ada komentar:
Posting Komentar