Bagian-bagian Tranmisi
Bagian dalam
Bagian Luar Tranmisi terdiri dari :
- Penahan Bantalan Depan
- Rumah Kopling
- Bak Tranmisi
- Rakitan Tutup Bak Tranmisi
- Extension Housing
- Poros Input shaft yang berfungsi Meneruskan tenaga putaran dari mesin melalui kopling lalu di teruskan ke Input Shaft.
- Poros Output Shaft yang berfungsi Meneruskan tenaga putar dari tranmisi lalu di teruskan ke propeller.
- Gigi gigi percepatan berfungsi menentukan rasio gear yang berhubungan dengan perubahan percepatan atau momen konstruksi pemasangan bebas berputar pada output shaft.
- counter gear and shaft berfungsi sebagai untuk memindahkan tenaga putar dari input shaft ke gigi percepatan sesuai pada penggunaan gigi yang di gunakan.
- Reverse idle gear berfungsi merubah putaran pada output shaft sehingga berlawanan dengan input shaft.( gear posisi mundur )
- Mekanisme syncromesh berfungsi memhubungkan dan memindahahkan putaran input shaft ke output shaft melaui counter gear atau gigi percepatan.
- Clutch Hub berhubungan degna output shaft ,elalui spin, jika clutch hub berputar maka output shaft ikut berputar.
- Hub Sleeve dapat bergeser maju dan mundur pada bagiab luar clutch hub sedangkan hub sleeve berhubungan dengan garpu pemindah, Hub sleeve berfungsi menghubungkan clutch hub dengan gigi percepatan.melalui synchronizering.
- Synchronizering terpasang pada samping clutch hub, berfungsi menyamakan putaran gigi percepatan dan hub sleeve dengan jalan melakukan pengeriman terhadap gigi percepatan saat hub sleeve digeserkan oleh garpu pemindah.
- Shifting key terpasang pada tiga buah tempat yang terdapat pada synchronizering dan clutch hub, shifting key berfungsi untuk meneruskan gaya tekan dari hub sleeve selajutnya ditekan ke synchronizering agar terjadi pengereman pada dudukan Synchronizering.
- Key spring berfungsi mengunci dan menekan shifting key agar terus tertekan ke arah hub sleeve .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar